Download Buku Kerugian Dunia Karena Kemunduran Umat Islam PDF [ Abul Hasan Ali Al Hasany An Nadwy]


https://download.radardakwah.com/2020/04/download-buku-kerugian-dunia-karena-kemunduran-umat-islam-pdf.html

Assalamualikum wr wb
pada kesempatan ini admin akan membagikan sebuah resensi dan sebuah buku dalam bentuk pdf yang berjudul  Kerugian Dunia Karena Kemunduran Umat Islam.


 Resensi

  Buku ini terbagi ke dalam enam bab. Bab pertama mendeskripsikan situasi peradaban dunia pada konteks abad ke-6 dan ke-7 Masehi. Pada bagian ini, pembaca dapat mengetahui situasi sosial, politik, ekonomi dan keagamaan bangsa-bangsa besar yang ada didunia. Mulai dari peradaban Romawi, Persia, bangsa Afrika, Asia sampai dengan bangsa Arab. Intinya, abad ke-6 sampai dengan abad ke-7 merupakan babak kehidupan yang dipenuhi oleh penindasan, kezaliman, diskriminasi, serta kebutaan spiritual yang sangat akut. Perlakuan para raja terhadap rakyatnya waktu itu bisa diibaratkan seperti perlakuan seorang tuan terhadap budaknya. Rakyat diperas hanya untuk membiayai gaya hidup penghuni istana yang sangat glamor. Sehingga pada saat itu rakyat lebih memilih pilihan kematian ketimbang hidup dalam tekanan derita yang seperti ini.
  Di Abad ke-7 M Islam lalu datang melalui diutusnya Muhammad saw. sebagai rasul. Hal ini sekaligus menjadi inti topik pembahasan bab kedua. Di bab ini pembahasan mengenai latar belakang bangsa Arab dilakukan secara lebih mendalam, disamping juga penulis tidak lupa mengkomparasikan kondisi bangsa Arab dengan kondisi bangsa-bangsa lain yang sezaman dengannya. Penulis mengelaborasi cara yang ditempuh oleh Nabi Muhammad saw. dalam melakukan perubahan sosial hingga bangsa Arab yang saat itu bukan merupakan bangsa yang diperhitungkan lalu menjadi kekuatan superpower hanya dalam kurun waktu 23 tahun.
  Di bab ketiga khusus membahas tentang kelanjutan masa kekuasaan Islam mulai dari masa kekuasaan Khulafaurrasyidin sampai dengan masa kekuasaan Khilafah Turki Utsmani. Secara objektif, penulis memaparkan fakta-fakta sejarah pada masa ini secara jujur dan apa adanya. Penulis tidak hanya menyampaikan kegemilangan prestasi para khalifah yang berpegang teguh pada Al Qur’an dan As-Sunnah namun juga menyampaikan penyimpangan para penguasa yang telah jauh dari substansi nilai-nilai Keislaman. Deklinasi ketakwaan penguasa berimbas pada perilaku masyarakatnya yang juga semakin jauh dari nilai-nilai Keislaman, hingga akhirnya Kekuasaan Islam runtuh pada tahun 1924 M.
Bab empat membahas tentang nasib umat manusia dibawah kepemimpinan bangsa-bangsa Eropa. Dari segi iptek, barat telah menghasilkan temuan-temuan besar yang melampaui temuan para ilmuwan muslim pada abad pertengahan. Temuan ini khususnya terkait dengan temuan alat-alat mesin dan teknologi maju. Menurut penulis buku ini, keterbelakangan negeri muslim dalam hal Iptek disebabkan oleh hilangnya fokus dan keseriusan mereka terhadap kajian-kajian ilmu pengetahuan terapan. Masyarakat muslim di akhir masa kejayaan Islam lebih menyibukkan diri kedalam perdebatan-perdebatan metafisika dan hal-hal gaib an sich yang sebenarnya tidak memiliki kontribusi apapun bagi kehidupan mereka. Sedangkan di barat, berbagai riset terus dilakukan untuk menghasilkan penemuan-penemuan yang dapat memberi manfaat bagi kehidupannya.
Walaupun orang-orang barat telah menghasilkan temuan yang spektakuler bagi kehidupan manusia modern namun pengaruh kepemimpinan mereka atas dunia telah mengakibatkan hancurnya sendi-sendi kehidupan sosial, politik, ekonomi, budaya dan keagamaan. Modernisasi telah mengubah masyarakat menjadi individu-individu yang materialistik, rakus dan tamak. Interaksi sosial masyarakat pun semakin menihilkan batasan-batasan etis pergaulan antar lawan jenis. Sistem politik dijalankan tanpa adanya panduan nilai-nilai agama, nasionalisme sempit telah menjadi pandangan hidup tiap-tiap bangsa, kolonialisme menjadi alat untuk menindas bangsa-bangsa yang lemah. Ketimpangan ekonomi sudah menjadi pemandangan yang biasa di tiap-tiap negara. Dan rasa keagamaan telah lenyap dalam diri manusia, akibat obsesi manusia yang terpusat pada materi. Hal ini menjadi topik bahasan dari bab kelima buku ini.
Bab terakhir menyimpulkan apa yang harus dilakukan oleh umat Islam saat ini. Setelah melakukan ulasan sejarah kemanusiaan yang sangat panjang, penulis tiba pada kesimpulan bahwa umat Islam hari ini harus kembali mengambil tampuk kepemimpinan dari tangan bangsa-bangsa Eropa. Hal ini mesti diawali dari persiapan rohani umat Islam itu sendiri. Umat Islam harus kembali membangkitkan kekuatan moral yang sebetulnya menjadi inti kekuatan Umat Islam. Setelah itu, negeri-negeri muslim harus melakukan persiapan dibidang industri dan perang. Dan yang terakhir adalah merebut kembali kepemimpinan intelektualnya, baik dalam bidang ilmu agama maupun dalam bidang ilmu-ilmu terapan.
  Kelebihan buku ini terletak pada ketajaman analisis penulisnya dalam menguraikan permasalahan yang sedang dihadapi oleh umat Islam dan seluruh umat manusia pada saat ini. Penulis juga menggunakan gaya bahasa yang tidak membosankan, menyentuh pikiran dan perasaan. Walau menggunakan pendekatan sejarah, An-Nadwi tidak membuat pembacanya merasa jenuh dengan pembanjiran nama-nama dan tahun-tahun seperti layaknya buku-buku sejarah biasa. Selain itu, kelebihan buku ini juga terletak pada penggunaan sejumlah literatur yang menunjang setiap paparan dan gagasan penulisnya, baik itu literatur klasik maupun kontemporer

 oke cukup dulu untuk resensi dari buku kerugian dunia karena kemunduran umat islam ini
bagi kalian yang ingin mendownloadnya , silahkan klik link di bawah ini.
semoga bermanfaat jangAn lupa mempir lagi ke website ini

DOWNLOAD 


LINK  DOWNLOAD

LINK ARTIKEL INI

Belum ada Komentar untuk "Download Buku Kerugian Dunia Karena Kemunduran Umat Islam PDF [ Abul Hasan Ali Al Hasany An Nadwy]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel